Minggu, 02 Agustus 2009

PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MUTU DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Saat ini media tidak lagi hanya dipandang sebagai alat bantu guru untuk mengajar saja, tetapi lebih sebagai alat penyalur pesan dari pemberi pesan (guru, penulis buku dan sebagainya) ke penerima pesan (siswa). Sebagai pembawa pesan, media tidak hanya digunakan oleh guru saja tetapi yang lebih penting lagi dapat digunakan pula oleh siswa. Oleh karena itu, sebagai penyaji dan penyalur pesan dalam hal tertentu, media dapat mewakili guru menyampaikan informasi secara lebih teliti, jelas, dan menarik yang dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah. Fungsi tersebut dapat dilaksanakan dengan baik walaupun tanpa kehadiran guru secara fisik.
Media pembelajaran sebagai salah satu sumber belajar yang dapat menyalurkan pesan dapat membantu mengatasi hal tersebut. Perbedaan gaya belajar, minat, intelegensi, keterbatasan daya ingat dan lain-lainnya dapat diatasi dengan pemanfaatan media pembelajaran. Apalagi untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah yang masih banyak tidak mengerti jika pesan yang disampaikan guru hanya melalui kata-kata (ucapan) guru saja karena daya tangkap mereka masih terbatas, media sangat berperan membantu keterbatasan tersebut sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh guru dapat dibantu oleh media dan dapat menimbulkan pemahaman yang dapat dimengerti oleh siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar